Optimalisasi Promosi Kesehatan Pada Masa Pendemi Covid-19

Optimalisasi  Promosi Kesehatan Pada Masa Pendemi Covid-19

Oleh : Ns. Gaung Eka Ramadhan, S.Kep., MKM

 

Pandemi Covid-19 merupakan masalah kesehatan yang sedang dihadapi oleh seluruh dunia terutama Indonesia, pandemi ini harus ditangani oleh serius selain penanganan kuratif, penanganan preventif juga sangat penting dilakukan supaya tidak lagi ada penambahan kasus positif covid-19. Salah satu penanganan preventif yaitu melakukan promosi kesehatan. Promosi kesehatan adalah program yang dirancang untuk memberikan perubahan terhadap masyarakat, organisasi dan lingkungan.

Promosi kesehatan sangatlah penting dilakukan, maka dari itu promosi kesehatan harus dilakukan secara bersinergi dengan petugas kesehatan lainnya, seperti : dokter, perawat, bidan dll. Selain dengan petugas kesehatan sebelum melakukan promosi kesehatan bisa melakukan advokasi kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, bahkan sampai pembuat keputusan atau penentu kebijakan bisa tingkat pusat maupun daerah. Sebelum melakukan promosi kesehatan baiknya mengikuti pelatihan pemahaman materi keilmuan atau pengetahuan promosi kesehatan sehingga yang sampaikan dapat dikuasai dengan baik.

Tidak hanya mengetahui atau menguasai dari segi keilmuan dan keterampilan saja, supaya ilmu dan keterampilan tersebut tersampaikan dan dapat diterima dengan baik oleh semua kalangan masyarakat, maka harus memahami hal-hal yang lainnya, yaitu :

  • Konsep promosi kesehatan : dimana dalam konsep promosi kesehatan bukan hanya proses penyadaran masyarakat dalam hal pemberian peningkatan pengetahuan melainkan juga upaya bagaimana mampu menjembatani adanya perubahan perilaku seseorang.
  • Strategi promosi kesehatan : cara yang digunakan dalam mencapai apa yang diinginkan bisa dengan cara advokasi, bina suasana, gerakan masyarakat dan kemitraan sebagai menunjang progam-progam promosi kesehatan terkait Covid-19
  • Visi dan misi promosi kesehatan : agar promosi kesehatan yang diharapkan mempunyai arah yang jelas, seperti meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara, menjaga, menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19 dan meningkatkan status kesehatannya, baik fisik, mental dan sosial.

demikianlah hal-hal yang bisa dilakukan sebelum melakukan promosi kesehatan agar promosi kesehatan tersampaikan dan dapat diterima secara optimal.

semoga bermanfaat.