MEMBANTU ANAK DALAM MENGATASI STRESS KHUSUSNYA PADA PANDEMI COVID-19

MEMBANTU ANAK DALAM MENGATASI STRESS KHUSUSNYA PADA PANDEMI COVID-19

Oleh : Alfonsa Reni Oktavia

(Dosen STIKes Pertamedika)

Bencana Pandemi Covid-19 berdampak terhadap seluruh segi kehidupan. Saat ini diseluruh dunia sedang menghadapi krisis kesehatan dan sosial-ekonomi akibat Covid-19. Bukan hanya orang dewasa saja yang mengalami dampak situasi pandemic covid-19 ini, tetapi juga pada anak-anak.

Kondisi ini menyebabkan sekolah  ditutup, kontak sosial dan waktu bermain diluar rumah dibatasi. Orang tua sebaiknya tetap memberikan dukungan pada anak selama masa sekolah dari rumah walaupun bersamaan dengan orang tua yang bekerja dari rumah. Dukungan dari anggota keluarga yang lain juga berkurang. Disamping ketakutan dan kecemasan yang terkait dengan Covid-19, situasi ekonomi juga semakin memburuk dan meningkatkan jumlah pengangguran.

Hal-hal tersebut dapat memberikan tekanan pada anak, remaja dan keluarganya sehingga akan timbul krisis kesehatan mental yang berakibat kekerasan pada anak. Anak adalah kelompok yang paling rentan dalam situasi ini. Gejala dini yang muncul akibat terganggu-nya kesehatan mental pada anak tidak boleh diabaikan seperti stress pada anak. Oleh karena itu, mahasiswa ilmu keperawatan S1Reguler STIKes Pertamedika turut berperan aktif dalam upaya pencegahan krisis kesehatan mental pada anak dengan cara membuat media edukasi yang menarik bagi orang tua maupun anak. Sehingga informasi yang disampaikan dapat menjadi deteksi dini di lingkungan keluarga apabila ditemukan anak mengalami gejala krisis kesehatan mental, dalam situasi Pademi covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini.

Sebagai upaya tindak lanjut, orang tua dapat melakukan konsultasi dengan pihak pelayanan kesehatan terdekat sehingga masalah krisis kesehatan mental pada anak bisa ditangani segera. https://youtu.be/62GOtaQs9i4